Apa Itu SEO ? Penjelasan Tentang SEO - Purapedia

Apa Itu SEO ? Penjelasan Tentang SEO

Apa Itu SEO ? Penjelasan Tentang SEO
Apa Itu SEO ? Penjelasan Tentang SEO
Penjelasan Tentang SEO 

Purapedia - Saat anda ingin mulai menjadi seorang blogger dan mencoba belajar dari internet, anda akan sering menemukan kata SEO. Mungkin anda akan bertanya, Apa itu SEO ? Apakah penting atau tidak.

Di artikel singkat dari sebuah blog yang sederhana ini akan menjelakan sedikit tentang sejarah dari kata SEO ini. Mudah-mudah setelah membacanya kalian bisa lebih mengerti dan lebih mengenal tentang SEO. Baiklah silahkan dibaca dengan perlahan, jagna terburu-buru penjelasaan di bawah ini.

SEO atau dapat disebut dengan Search Engine Optimalization merupakan sebuah teknik atau usaha yang dilakukan terhadap sebuah blog atau website supaya berada di posisi atas mesin pencarian.

Berbicara masalah tentang SEO memang tidak akan ada pernah habisnya. Dari awal perkembangan blog, website dan mesin pencarian khususnya Google, maka ilmu tentang SEO harus selalu di update setiap waktu.

SEO sendiri sebenarnya sudah lama sudah diterapkan ketika terkenalnya internet dan mesin pencarian. Google merupakan mesin pencarian yang paling populer dan menjadi nomer satu yang digunakan oleh orang di seluruh dunia untuk mencari informasi di dunia maya. Banyak sekali teknik SEO bertebaran dari tahun ke tahun, dan hal ini biasa terjadi karena teknik SEO akan semakin berkembang sesuai dengan algoritma Google dan mesin pencarian lainnya. Bisa jadi teknik SEO 10 tahun lalu, 3 tahun lalu, dan sekarang memiliki teknik yang berbeda.

Terdapat dua metode teknik SEO yang sering digunakan oleh para pembuat blog atau website, yaitu Black Hat SEO (BHS) dan White Hat SEO (WHS). BHS merupakan teknik kasar yang memaksa dan mengelabuhi (bisa dikatakan membohongi) mesin pencarian supaya konten Blog penggunanya dengan sangat cepat terindeks di dalam mesin pencarian. Hal ini awalnya berhasil dan berjalan mulus, tetapi selanjutnya algoritma pada mesin pencarian akan mendeteksi sesuatu yang tidak beres, sehingga blog akan terkena blacklist. Semoga saya dan kaian semua tidak akan pernah di blacklist, amin.

Sementara itu WHS atau White Hat SEO merupakan teknik SEO yang lebih etis dan normal. Memang di awal hasilnya kurang memuaskan tetapi dalam jangka waktu tertentu, jangka panjang dan konsisten, maka hasil dapat diperoleh dengan Blog berada di atas pada mesin pencarian. Pada artikel di kesempatan kali ini yang dibahas hanya teknik White Hat SEO. Karena teknik dan ilmu hitam itu tidak baik.

Di dalam White Hat SEO sendiri ada dua konsep SEO yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah optimasi dari dalam Blog itu sendiri, misalnya keywood (kata kunci), penamaan domain, judul posting, dan lain-lain. Sedangkan SEO Off Page merupakan optimasi dari luar yang digunakan untuk mendongkrak trafik Blog, misalkan backlink, promosi ke sosial media, bait link, dan lain-lain.

Penjelasan yang sangat singkat tentang SEO dan beberapa metode yang sering digunakan oleh para blogger sudah saya berikan. Meskipun masih banyak lagi teknik SEO yang bisa anda dapatkan di blog-blog lain. Saya hanya memberikan dan berbagi, apa yang saya ketahui tentang SEO, karena berbagi itu indah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua tentang teknik SEO. Bagi kalian yang ingin terjun ke dunia blog tetap semangat dan jangan lupa berdoa agar hal indah selalu kita dapatkan di dalam hidup, terimah kasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak