Membuat Web Feed Dan Social Media Feed Di Blog - Purapedia

Membuat Web Feed Dan Social Media Feed Di Blog

Membuat Web Feed Dan Social Media Feed Di Blog
Membuat Web Feed Dan Social Media Feed Di Blog
Membuat Web Feed Dan Social Media Feed

Purapedia - Pastinya beberapa dari kalian masih terdengar asing terhadap RSS Feed dan Social Media Feed. Hal ini memang tidak terlalu diperhatikan oleh para Blogger pemula seperti saya ini.

RSS sendiri merupakan file berformat XML yang mana berfungsi untuk sindikasi untuk Web maupun Blog yang bertujuan untuk berlangganan artikel web atau mengukuti artikel web. Bahkan Web berita sebesar CNN, Reuters dan BBC memanfaatkan RSS Feed ini untuk menyebarkan tulisan terbaru dan update berkala. Hal ini memungkinkan membuat pelanggan beritanya dapat memperbarui informasi yang didapatkan secara mudah dan cepat melalui RSS ini.

Pada artikel dari blog yang sederhana ini akan membahas pentingny Web Feed dan Social Feed, yang dibahas dengan sederhana dan mudah agar kalian semua bisa mengerti dengan baik. Web Feed dan Social Feed termasuk kategori SEO off page.

A. Web Feed

Umpan web (Web Feed) sangat membantu dalam meningkatkan jumlah kunjungan pada sebuah Web atau Blog. Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa Web Feed tidak ada kaitannya dengan mesin pencarian. Semua itu memang benar tapi juga ada salahnya.

Jikal benar Web Feed tidak ada hubungannya untuk terindeks di dalam mesin pencarian, dengan jumlah kunjungan tetap atau semaikin bertambah melalui update otomatis ke pembaca, jika artikel yang anda bagikan bermanfaat tidak menutup kemungkinan, dapat membuat web anda dibagikan lagi dan lagi ke banyak orang. Belum lagi jika ditulis ulang dengan mencantumkan sumber dari Blog anda misalnya, hal ini akan menjadi sebuah backlink bagi Blog anda sebagai sumber utama di setiap artikel anda.

Untuk bisa menggunakan teknik Web Feed ini, diwajibkan Blog anda memiliki URL RSS Feednya. Kalian juga dapat menggunakan Feedburner dari sebuah aplikasi Google untuk membuat URL Feed dan membuat aplikasi untuk Artikel berlangganan.

B. Cara Daftar di Feedburner

Kalian dapat menggunakan fasilitas dari Feedburner, dan berikut ini langka-langkahnya untuk kalian:

  1. Kunjungilah situs Feedburner dengan klik disini, setelah kalian masuk maka akan tampil layanan Google Feedburner.
  2. Selanjutnya anda dapat login dengan menggunakan akun Gmail yang kalian miliki. Seperti biasa masukan username dan password kemudian klik Sign In untuk masuk ke dalamnya.
  3. Setelah kalian berhasil masuk, maka akan ditampilkan halaman My Feed See "Lets Play Two!". Pada tahap ini kalian dapat mendaftarkan Blog kesayangan kalian yang ingin didaftarkan di Feedburner.
  4. Kalian dapat mendaftarkan Blog anda dengan memasukan URL blog ke dalam kotak Burn a feed right this instant. Kemudian klik Next untuk menuju langkah selanjutnya.
  5. Langkah berikutnya, kalian akan masuk ke dalam halaman Identify Feed Source. Pada halaman tersebut, kalian dapat URL atom atau RSS. Pilih salah satu, tentukan dengan bijak. Lalu klik Next untuk menuju langkah selanjutnya.
  6. Pada tahap selanjutnya, kalian bisa menentukan Feed Title, dan URL Feedburner untuk Blog kesayangan kalian. Formatnya adalah www.feeds.feedburner.com/namablog. Setelah yakin dengan tittle dan URL Blog kalian, Klik Next untuk meluncur pada tahap selanjutnya.
  7. Pada tahap berikutnya, akan muncul keberhasilan pendaftaran yang akan membuat kalian senang. Setelah selesai klik Skip Directly to Feed Management.
C. Membuat Layanan Artikel Berlangganan

Jika kalian telah sukses mendaftarkan Blog ke Feedburner dan berhasil mendaftarkan URL Feednya, kalian dapat memanfaatkan tool untuk membuat artikel berlangganan. Jadi setelah kalian memasang tool itu, pengunjung Blog kalian ingin sekali mengikuti update dari Blog kalian, maka pengunjung hanya perlu mendaftarkan diri saja, lalu semua yang kalian buat akan langsung dikirimkan ke dalam email pengunjung.

Untuk memasangnya di Blog tercinta kalian, bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Dalam tampilan awal pada feedburner, kalian akan diperlihatkan beberapa layanan Blog yang dapat dipasangi dengan Feedburner, termasuk Blog berbasis Wordpress Self Hosting.
  2. Kalian dapat mengambil skrip Feedburner untuk dipasang di dalam sidebar Blog tercinta kalian. Pertama, kalian dapat masuk ke dalam Tab Menu Publicize dan pilih Email Subcription. Di dalam Email Subcription, kalian dapat melakukan berbagai macam pengaturan, mulai dari pengaturan Email Branding, Delivery Option (mengatur jam tayang pengiriman berita ke Email), dan lain-lain.
  3. Setelah itu, kalian dapat juga mengaktifkan Email Subcriptions hanya dengan klik tombol Active. Setelah itu copy Skrip Email Subcriptions (Tools Berlangganan artikel) ke dalam Widgets Blog milik anda.
  4. Selanjutnya, kalian dapat memasukan skript untuk email Subcription dan memberikan keterangan judul, semisal berlangganan artikel.
  5. Setelah selesai, kalian dapat melihat tampilan Email Subcription yang dapat digunakan pengunjung Blog kalian untuk mendaftarkan Email mereka untuk berlangganan artikel dari Blog tercinta milik kalian.
  6. Berikutnya, jika ada pengunjung Blog ingin mengetahui update artikel dari Blog kalian melalui email mereka, maka dapat memasukkan alamat Email yang akan dikirimi artikel dari Blog kalian.
  7. Setelah memasukan alamat Email, klik tombol Subcribe. Akan muncul jendela halaman untuk konfirmasi, kalian dapat mengetikan word verification. Setelah itu klik complete Subcription Request. Setelah selesai akan ada konfirmasi keberhasilan Email Subcription Request.
  8. Setelah mendaftarkan Email untuk berlangganan artikel, sang pemilik Email tersebut akan mendapatkan email konfirmasi. Untuk tahap akhir, pemilik email harus mengkonfirmasi dari Feedburner Email Subcription, dengan cara klik pada linkyang terdapat di dalam email masuk. Setelah klik link yang di dalam email, maka akan ditampilkan halaman Email Subcription Confirmated, yang berarti bahwa pemilik Email sudah dapat mendapatkan langganan artikel jika anda membuat artikel terbaru di dalam postingan Blog kesayangan kalian.
  9. Jika kalian sebagai pemilik Blog membuat postingan yang baru, maka secara otomatis dapat terkirim ke dalam Email pembaca yang berlangganan melalui email, sehingga mereka dapat mengetahui updateterbaru dari kalian. Kalian dapat juga menambahkan link alamat artikel di bawah artikel yang kalian buat, agar pengunjung dapat masuk ke dalam postingan yang kalian buat, agar pengunjung dapat masuk ke dalam postingan yang anda buat. Dengan adanya fasilitas berlangganan artikel melaui email, maka membuat pengunjung blog kalian akan lebih sering kembali mengunjungi blog kalian dan semua itu bisa meningkatkan pendapatan dari Passive Income yang anda pasang di dalam Blog. 
Semakin banyak pengunjung yang berlangganan artikel dari blog kalian akan semakin bagus, karena dari itu kekuatan konten perlu diperhatikan supya banyak orang dengan sukarela mengikuti blog anda.

D. Membuat Social Media Feed

Social Media Feed atau Social Feed hampir sama dengan Web Feed. Namun bedanya, Social Feed akan lebih menguntungkan dan mudah dibaca oleh Folowers akun sosial media milik anda tanpa perlu mendaftar seperti teknik Artikel Berlangganan.

Untuk dapat membagikan artikel ke dalam sosial media secara manual kandang merepotkan dan tidak ringkas. Maka diperlukan aplikasi untuk membantu update artikel blog secara otomotis ke sosial media.

Banyak aplikasi yang digunakan untuk share otomatis posting blog ke dalam sosial media, akan tetapi ada bebrapa yang sekarang ini sudah menutup layanannya. Kalian dapat menggunakn salah satu yang masih tersedia dan menyediakan fitus gratis, yaitu Dlvrit dan berikut langkah-langkahnya untuk kalian yang ingin menggunakannya:

  1. Masuklah ke dalam website Dlvrit, lalu pilih Sign Up untuk menuju ke proses pendaftaran kepemilikan akun.
  2. Isikan alamat blog dan password untuk login. Klik Go untuk mendaftar.
  3. Jika sudah, maka kalian akan mendapati tampilan awal halaman pengaturan. Tuliskan URL Feed blog milik anda ke dalam find a feed. URL Feed sesuai dengan hasil dari pendaftaran di dalam Feedburner. Jika penulisan URL feed benar dan tidak ada kesalahan, maka akan ditampilkan hasil pencarian Blog milik anda lalu tekan tombol Plus untuk menambahkan Blog tersebut.
  4. Jika alamat Feed Blog kalian telah tambahkan, sekarang kalian akan memilih Sosial media yang akan dikoneksikan dengan blog tersayang kalian. Klik tombol Connect Social Output dan tuliskan Feed Name sesuai dengan nama Blog, News item dapat dipilih Share Immediately, First Post pilih Post when a new item is publishing. Untuk tombol Next : Connect Social untuk mengakhiri.
  5. Pilihlah Sosial Media yang akan kalian hubungkan, contohnya ke Fans Page Facebook maka klik ikon Facebook dan jika kalian sedang login ke Facebook kalian maka akan muncul lanjutan sebagai User kalian lalu klik tombol tersebut. Klik OK pada langkah selanjutnya sebanyak dua tahap.
  6. Jika sudah, pilihlah sala satu akun Facebook yang akan kalian kelola. Jika kalian mengelola akun pribadi dan beberapa akun Fans Page akan ditampilkan di sana. ANda pilih salah satu dengan cara klik ikonnya lalu klik Connect.
  7. Jika kalian sudah melakukannya, kalian dapat mengatur penjadwalantayang posting Blog pada menu Queue.
  8. Kalian dapat langsung mencoba membuat postingan baru lalu publikasikan. Dalam sejenak, akan ada konfirmasi di dalam email milik kalian, bahwa kalian telah dipublikasikan ke akun Sosial Media yang kalian daftarkan.
  9. Kalian dapat melihat pada halaman Page Facebook milik anda yang dikoneksikan dengan posting Blog, secara otomatis akan ada posting Blog tersebut dan dengan demikian folowers pada Facebook tersebut akan melihat dan melakukan aksi contohnya klik dan masuk untuk membaca posting Blog tersebut
Kurang lebih seperti itu cara membuat Web Feed dan Social Media Feed di Web atau Blog tercinta kalian. Semoga artikel yang singkat dari sebuah Blog pemula dengan penjelasan yang sederhana ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua yang ingin memasang Web Feed dan Social Media Feed di blog kalian. Terima kasih untuk kunjungan kalian di blog Purapedia, sekali lagi terima kasih.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak