Promosikan Blog Dengan Sitemap Di Google, Bing Dan Yandex - Purapedia

Promosikan Blog Dengan Sitemap Di Google, Bing Dan Yandex

Promosikan Blog Dengan Sitemap Di Google, Bing Dan Yandex
Promosikan Blog Dengan Sitemap
Promosikan Blog Dengan Sitemap

Purapedia - Jika kalian sudah memiliki sebuag Blog dan ingin memperkenalkan aatau mempromosikan ke publik melalui perantara mesin pencarian, cara yang sangat ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan teknik Sitemap Blog.

Sitemap merupakan pemetaan web atau situs ke dalam mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex, dan lain-lain. Ketiga mesin pencarian yang disebutkan tadi memiliki fasilitas sitemap bagi kalian pengguna Blog untuk memperkenalkan Blog agar cepat terindeks di mesin pencaria. Teknik ini termasuk dalam kategori SEO off Page.

Sitem sitemap ini, para pengguna dapat mendaftarkan Blog menggunakan format XML. Untuk saat ini, cukup mudah menentukan XML Blog dan tidak terlalu susah untuk dapat membuat sitemap Blog. Baik yang masih menggunakan subdomain Blogger ataupun yang sudah menggunakan domain pribadi. Penulisan alamat sitemap Blog kalian  misalkan seperti hhttp://namablog.com/sitemap.xml.

Pada artikel ini, akan dijelaskan secara jelas dan sederhana langkah-langkah sitemap Blog ke Google Webmaster, Bing Webmaster, dan Yandex. Kenapa tidak di daftarkan k Google Webmaster saja? Hal ini dikarenakan tidak semua pengguna melakukan pencarian ke Google saja, tetapi Bing, Yandex, Yahoo, dan lain-lain.

1. Sitemap Ke Google Webmaster

Google adalah mesin pencarian yang paling populer di dunia pada saat ini, sehingga rudi rasanya jika kalian semua tidak melakukan sitemap ke Google Webmaster. Berikut langkah-langkanya:

  1. Masuk ke Google Webmaster, Pastikan kalian memiliki akun Gmail agar dapat langsung masuk ke akun Webmaster.
  2. Pada bagian kolom website, isikan nama website milik kalian lalu tekan tombol ADD A Property.
  3. Akan muncul halaman untuk melakukan verifikasi. Pilih Alternate Methods.
  4. Pada Alternate Methods pilih HTML Tag. Kalian akan lihat sebuah kode HTML yang ada bagian konten yang merupakan kode yang harus kalian masukan ke dalam Blog pada bagian bawah <head>.
  5. Kalian juga dapat membuka pengaturan Blog milik anda baik Blog yang menggunakan Blogger atau Wordpress Self Hosting. Khusus untuk Blogger, kalian dapat masuk ke dalam Themes > Edit HTML > lalu cari kode <head> dan letakan pada bagian meta google yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk Wordpress Self Hosting kalian dapat memasukan kode kontennya saja ke dalam Google Webmaster Tools di dalam menu All In Seo Pack yaitu sebuah plugins untuk membantu SEO Wordpress.
  6. Jika sudah memasukan kode content ke dalam Blog kalian, jangan lupa menyimpan hasil perubahan dengan klik Save. Lalu kalian dapat kembali lagi ke halaman Google Webmaster dan klik tombol Verify.
  7. Setelah itu akan muncul halaman konfirmasi keberhasilan proses verifikasi, namun hal ini belum selesai. Anda dapat memasukan sitemap Blog dengan menuju ke dalam menu Crawl > Sitemaps.
  8. Jika sudah masuk ke dalam menu Crawl > Sitemaps, masukan sitemap.xml pada URl Blog yang sudah didaftarkan tadi lalu klik Submit.
  9. Kalian dapat menunggu dalam waktu 1 smapi 48 jam untuk proses Google melakukan crawl pada sitemap blog untuk terindeks ke dalam mesin pencarian Google.
2. Sitemap Blog Ke Bing Webmaster

Setelah berhasil melakuan sitemap Blog ke dalam Google Webmaster, kini kalian dapat mengincar ke mesin pencarian lain yaitu Bing. Bing juga menyediakan webmaster tool untuk memperkenalkan Blog ke dalam mesin pencriannya.
  1. Masuklah ke dalam halaman Bing Webmaster. Berhubung Bing adalah milik Microsoft, maka kalian perlu meiliki akun email seperti hotmail. Kalian dapat mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah, kalain dapat login menggunakan email dan password akun hotmail milik kalian.
  2. Jika sudah masuk ke dalam akun bing webmaster, tuliskan alamat blog milik kalian di dalam kolom Add a site lalu tekan tombol Add untuk melakukan pendaftaran.
  3. Pada halaman selanjutnya, kalian harus mengisikan data diri seperti nama web, nama kalian, alamat, dan lain-lain. Isilah sesuai dengan apa yang diperintahkan. Klik Save untuk menyimpan hasil perubahan.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan meta tag yang dapat kalian masukan ke Blog. Kode meta ini dapat kalian masukan ke dalam Blogger melalui Themes > Edit HTML > lalu masukan kode meta tersebut di bagian bawah <head>. Sementara itu pada Blog berbasis Wordpress Self Hosting yang menggunakan plugins All in Seo Pack dapat masuk ke dalam menu SEO > General > pada kolom Bing Webmaster Center. Namun pada Blog Wordpress ini, yang dimasukan hanya kode konten saja.
  5. Kalian jangan lupa untuk menyimpan dengan pilih tombol Save supaya meta tag tersimpan.
  6. Kembali lagi ke dalam akun akun Bing Webmaster, klik tombol Verify untuk menyimpan hasil perubahan.
  7. Langkah tadi belum selesai, kalian perlu submit sitemap XML blog milik kalian. Masuk ke dalam menu Configure My Site > Sitemaps. Pada menu sitemaps tersebut masukan url website dengan menggunakan sitemap.xml lalu klik submit untuk mengirimkannya.
  8. Jika telah selesai, maka blog kalian dalam 48 jam akan di crawl oleh Bing untuk di indeks ke dalam mesin pencariannya. Sekarang Blog kalian tidak hanya bisa dicari di dalam Google tetapi juga di dalam mesin pencarian Bing.
3. Sitemap Blog Ke Mesin Pencarian Yandex

Yandex memang masih asing bagi kebanyakan orang, namun perlu diketahui bahwa Yandex masuk dalam 4 besar mesin pencarian di dunia menurut Comscore. Maka tidak ada salahnya Blog yang kalian miliki bisa dicari di dalam mesin pencarian dari Rusia ini.
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan masuk ke dalam Yandex. Kalian perlu memiliki akun Yandex untuk login maka klik Login dan klik Register untuk mendaftarkan diri.
  2. Isila formulir sesuai dengan kolom yang disediakan, misalnya nama, alamat, dan informasi lainnya. Pada isian nomor handphone kalian tidak perlu mengisikan dengan pilih I don't have mobile phone number. Jika sudah mengisikan informasi pendaftaran, klik tombol Register.
  3. Setelah melakukan pendaftaran, klik tanda plus untu menampilkan Site Address, isikan alamat Blog milik anda.
  4. Klik Add lalu dilajutkan klik pada Go a head add nama blog kalian.
  5. Pada tampilan berikutnya, kalian dapat memilih proses verifikasinya. Pilih meta tag dan gunakan kde HTML tersebut untuk dimasukan ke dalam Blog.
  6. Masukan meta tag tersebut ke dalam kode HTML blog, baik Blogger atau Wordpress letakkan dibawah kode <head>. Jangan lupa untuk menyimpan dengan klik Save.
  7. Setelah memasukan meta tag, kalian kembali lagi ke halaman Yandex webmaster, lalu tekan tombol Check untuk menyimpan hasil perubahan.
  8. Langkah tadi belum selesai, kalian perlu memasukan alamat sitemap.xml blog milik anda, masuk ke dalam menu Indexing pilih Sitemaps File.
  9. Masukan sitemap Blog lalu tekan tombol Add untuk mengkonfirmsikannya. Dengan selesainya langkah ini, maka dalam waktu 48 jam Blog kalian bisa terindeks di mesin pencarian Yandex.
Itulah penjelasan singkat cara promosikan atau memperkenalkan Blog dengan teknik sitemap di Google, Bing, dan Yandex. Semoga artikel dari blog sederhana ini bermanfaat untuk kalian semua. Purapedia ucapkan terima kasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak