Riset Kata Kunci Untuk SEO Friendly Blog - Purapedia

Riset Kata Kunci Untuk SEO Friendly Blog

Riset Kata Kunci Untuk SEO Friendly Blog
Riset Kata Kunci Untuk SEO Friendly Blog
Riset Kata Kunci Untuk SEO Friendly Blog

Purapedia - Banyak yang bingung untuk menentukan judul dari sebuah artikel agar dapat bersaing di mesin pencarian. Jika masalah ini sedang anda hadapi berarti keputusan yang tepat datang ke blog yang sederhana ini. Pada kesempatan ini saya ingin memberikan sebuah tips untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk Blog anda.

Keyword atau kata kunci di dalam SEO sangat penting supaya terindeks di dalam mesin pencarian. Kata kunci yang unik dan banyak yang mencari membuat Blog yang anda kelola banyak pengunjung. Jika sudah banyak pengunjung, pastinya aksi yang akan anda harapkan dari pengunjung, misalkan klik iklan, klik beli untuk blog toko online, dan berlama-lama berada di dalam blog yang menaikkan rating.

Hal pertama untuk mendapatkan kata kunci yang SEO Friendly anda perlu melakukan riset. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk riset adalah Google Keyword Planner.

Aplikasi ini sebenarnya bagian dari Google Adword nya Google yang berbayar. Jika anda ingin iklan anda ditampilkan di mesin pencarian pada bagian Ads, pastinya sudah tidak asing dengan Google Adwrod. Namun disini anda hanya memerlukan menu Keyword Plannernya saja, tetapi jika kedepan ingin merasakan memasang iklan di Adwords dipersilahkan.

Untuk menggunakan Google Keyword Planner berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke dalam website Google Adwords, lalu anda dapat login ke dalam akun Google yang anda miliki, pilih menu Tool lalu Keyword Planner.
  2. Jika sudah masuk ke dalam Google Keyword Planner, pilih menu yang dilingkari dan akan ditampilkan kolom untuk melakukan pengaturan dan riset kata kunci.
  3. Isikan kolom your product or servise sesuai dengan konten Blog yang anda bangun. Pilih Product and Category sesuai dengan kategori Blog. Untuk Targeting isikan negara dan bahasa yang akan menjadi target pengunjung Blog. Klik tombol Get ideas.
  4. Anda dapat melihat pada tampilan riset pertama, yaitu pada sub menu keyword ideas. Anda dapat amati bahwa kata kunci "Persewaan kostum" setiap bulannya rata-rata dicari di Google sebanyak 10-100 kali. Terbilang sedikit, karena jiak diambil titik rata-rata tengahnya misalkan 50 kali pencarian di bagi 30 hari, maka hanya ada 1,8 (dibulatkan menjadi 2) pencarian dalam seharinya.
  5. Anda dapat melihat pada hasil referensi Google tentang kata kunci yang berhubungan pada tampilan keyword by relevance. Ada beberapa kata kunci yang memiliki rata-rata pencarian 100-1000 pencarian bahkan sampai 10.000 pencarian setiap bulannya. Dari data yang ada, maka kata kunci yang relevan dengan pencarian banyak seperti "sewa kostum hallowen" atau "jual kostum hallowen" dan hal-hal yang berhubungan dengan kostum hallowen. Anda dapat gunakan kata kunci tersebut untuk kata yang sering muncul di dalam Blog milik anda
  6. Sementara itu, untuk keterangan Competition: Low, Medium, dan lainnya merupakan data kompetitor pengiklan di Google Adwords. Anda dapat gunakan referensi kompetisi tersebut jika ke depannya anda miliki modal untuk memasang iklan di Google Adwords.
Itulah cara sederhana untuk menentukan kata kunci untuk SEO Friendly pada Blog anda. Mungkin terlihat membingungkan, tapi ini salah satu faktor yang sangat penting untuk masa depan Blog kalian. Terima kasih telah berkunjung ke sebuah Blog sederhana dan semoga artikel di kesempatan kali ini bermanfaat untuk anda yang juga ingin terjun ke dunia blogger.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak