Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools - Purapedia

Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools

Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools
Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools
Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools

Purapedia - Seperti yang diketahui para pengguna Blog. Menggunakan Wordpress lebih fleksibel dan lengkap alat bantunya (tools) dari pada layanan lainnya.

Plugins All in SEO Pack merupakan salah satu Plugins yang digunakan untuk membantu Blog menempati peringkat atas di mesin pencarian seperti Google. Sebenarnya masih banyak tools lain untuk SEO Wordpress. Namun disini hanya dibahas SEO Pack saja karena mudah dalam pengaturan dan hasilnya lumayan maksimal.

Dengan melakukan seting yang benar dan tertarget, Plugins ini sangat membantu untuk kompetisi Blog Wordpress milik anda di mesin pencarian.

Untuk menginstal All in SEO Pack, berikut ini langkah-langkanya:

  1. Masuklah ke dalam Dasbor Blog Wordpress milik anda. Untuk masuk, anda dapat login melalui namaweb.com/wp-login.php. isikan username dan password lalu tekan tombol Login.
  2. Pada halaman Dasbor Blog Wordpress, masuk ke dalam Menu Plugins lalu pilih Add New.
  3. Jika sudah, pada halaman selanjutnya akan ditampilkan halaman untuk menambahkan Plugins, tuliskan kata kunci "All in SEO Pack" pada kolom pencarian, Jika sudah mengetikan kata kunci, klik Enter untuk mencari.
  4. Akan ditampilkan beberapa plugins All in SEO Pack yang dikeluarkan oleh Michael Torbert. Klik install now untuk melakukan proses instalasi Plugins.
  5. Jika proses Instal selesai dan berhasil, langkah selanjutnya adalah mealkukan pengaktifkan Plugins, klik tautan menu Active Plugins. Setelah itu, Plugins All in SEO Pack akan aktif dan terlihat di daftar Plugins yang terinstal di Blog.
Jika Plugins telah aktif, maka anda dapat melakukan pengaturan di dalamnya. Untuk langkah-langkanya adalah sebagai berikut:
  1. Pada halaman Dasbor akan muncul Menu baru untuk pengaturan Plugins All in SEO Pack. Kalian dapat mengatur dengan masuk ke dalam Menu All in SEO Pack lalu masuk ke pengaturan misalnya General Settings
  2. Pada pengaturan General Settings ini, kalian dapat mengatur SEO dasar Blog, misalkan saja title, diskripsi Blog, dan hal dasar lainnya. Pengaturan ini cukup membantu pengaturan di Meta Tag Blog.
  3. Pada bagian Home Title isikan nama Blog milik kalian, kemudian Home Descriptions isikan tema Blog atau judul besar Blog. Pada bagian Home keywords ini bagian yang tidak kalah penting, yaitu menuliskan kata kunci yang berhubungan dengan Blog milik kalian. Setiap kata atau kalimat kecil dipisahkan dengan koma. Pilih Disable pada Use statistik Front page Instead.
  4. Selain General Settings, kalian dapat mengatur pada Menu Feature Manager. Di dalam menu tersebut, kalian dapat menambahkan fitur atau tools tambahan untuk keperluan SEO. Misalkan saja, mengaktifkan Social Meta, XML Sitemap, dan lain-lain.
Selain di Menu pengaturan All in SEO Pack, kalian dapat mengatur SEO blog melalui halaman posting Blog. Karena secara otomatis, setelah menginstal plugins ini, akan tampil ruang pengaturan SEO pada setiap posting Blog.

  1. Sebagai cntoh kalian dapat membuat sebuah postingan. Setelah membuat postingan scroll down dan cari form All In SEO Pack.
  2. Pada form All In SEO Pack, isikan title dengan kata kunci yang berhubungan dengan judul postingan. Sedangkan pada bagian Descrption isikan dengan deskripsi ringkas tentang isi posting Blog. Pada bagian akhir anda dapat masukan kata kunci (keyword) ke dalam kotak isian Keywords.
  3. Ketika sudah mengisikan form All in SEO pack, anda dapat mempublikasikan postingan blog beserta settingan SEO dengan cara klik tombol Update Post.
  4. Dalam beberapa saat atau tidak secara langsung, jika ada pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi blog kalian, maka bisa jadi blog kalian akan menempati urutan atas di dalam mesin pencarian seperti Google.
Ketika Blog kalian sudah terpasang sebuah plugin All In SEO Pack, maka blog tersebut tidak akan terindeks di mesin pencarian saat itu juga, karena semua membutuhkan proses. Dan perlu diketahui juga bahwa bayak pengguna Wordpress yang menggunakan plugins ini sehingga tidak bisa dipungkuri bahwa akan ada persaingan untuk beada di posisi teratas di mesin pencarian sesuai kata kunci yang kalian atau orang lain inginkan, apalagi jika konten Blog tersebut sama. Ada ratusan bahkan ribuan blog dengan konten sama, oleh karena itulah untuk mengoptimalkan SEO pada blog jangan hanya mengandalkan plugins ini saja.

Itulah penjelaskan singkat Teknik SEO Untuk Blog berbasis Wordpress Dengan Tools. Semoga artikel yang singkat dari sebuah blog yang sederhana ini bisa berguna untuk kalian semua, terutama untuk kalian yang memliki blog berbasis Wordpress, Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak