Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK Untuk Menghitung Sel Kosong - Purapedia

Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK Untuk Menghitung Sel Kosong

Cara Menggunakan Fungsi COUNTBLANK Untuk Menghitung Sel Kosong
Fungsi COUNTBLANK Untuk Menghitung Sel Kosong
Fungsi COUNTBLANK
Purapedia - Apa kabar kalian semua? semoga selalu sehat lahir dan batin dimanapun kalian berada saat ini. Saya ucapkan terima kasih telah bersedia hadir di sebuah blog pribadi yang sederhana ini. Mudah-mudahan apa yang kalian butuhkan bisa kalian semua dapatkan disini.

Microsoft Excel memang terkenal software yang sangat sering digunakan dalam manajemen atau bisnis. Jadi bagi kalain yang bekerja dengan menggunakan Microsoft Excel diwajibkan untuk mengerti dan memahami kelebihan software yang satu ini.

Blog ini akan selalu menjelaskan cara menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel dari yang termudah hingga yang tersulit. Tapi jika kalian sudah banyak belajar, tidak ada yang yang sulit dalam penggunaan Microsoft Excel ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas semua fungsi dari Microsoft Excel yang bernama COUNTBLANK. Fungsi COUNTBLANK adalah kebalikan dari salah satu fungsi Micriosoft Excel lainnya, yaitu  fungsi COUNTA. Fungsi yang kita bahas ini berguna untuk menghitung jumlah sel yang kosong atau tidak berisi data di worksheet pada Microsoft Excel. Cara penulisan dari fungsi ini yang akan kita pelajari sekarang bisa kalian lihat dibawah ini.

=COUNTBLANK(range)

Range yang dimaksud diatas adalah sebuah blok sel yang dicari berapa sel kosongnya. Selanjutnya kalian perhatikan gambar diatas yang menampilkan sebuah range tabel dengan beberapa sel yang kosong atau tidak terisi oleh sebuah data.

Pertama-tama kita akan mencari jumlah sel kosong atau tidak terisi oleh sebuah data dengan menggunakan sebuah formula yang bisa kalian lihat dibawah ini.

=COUNTBLANK(B3:I16)

Bagaimana cukup mudah bukan menemukan jumlah sel kosong dengan menggunakan formula COUNTBLANK. Setelah kalian berhasil menemukan jumlah sel kosong, mari kita lanjut untuk mencari atau menghitung jumlah sel yang terisi oleh sebuah data. Untuk formulanya bisa kalian lihat dibawah ini.

=COUNTA(B3:I16)

Seperti yang saya jelaskan diawal, fungsi COUNTBLANK adalah kebalikan dari fungsi COUNTA. Setelah kalian berhasil menemukan jumlah sel yang telah terisi oleh sebuah data. Kita akan lanjut untuk mencari atau menghitung berapa jumlah sel yang ada dalam range, baik itu adalah sel yang kosong (tidak terisi oleh sebuah data) maupun sel yang terisi data dengan menggunakan gabungan formula. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat formula berikut.

=COUNTBLANK(B3:I16)+COUNTA(B3:I16)

Cukup mudah bukan? Cara menggabungkan formula COUNTBLANK dan COUNTA. Saya berharap kalian juga berhasil menerapkan fungsi yang kita bahas ini untuk tugas sekolah, pekerjaan, atau tugas kantor kalian.

Tidak ada formula dari fungsi-fungsi di Microsoft Excel yang sangat sulit. Tapi, semua akan lebih mudah jika kta terus berusaha dalam mempelajarinya dan yang terpenting jangan menyerah adalah poin utamanya.

Mungkin itulah penjelasaan saya tentang fungsi COUNTBLANK untuk mencari fungsi kosong di dalam tabel pada microsoft Excel. Mudah-mudahan dengan penjelasaan yang singkat ini dapat membuat kalian lebih mengerti cara penggunaan fungsi COUNTBLANK, COUNTA, dan cara menggabungkan CONTBLANK dan COUNTA.

Kalian dapat melihat dari penjelasaan singkat diatas, jika Microsoft Excel memang sebuah software yang sangat menarik. Meskipun banyak fungsi-fungsi yang terdapat di Microsoft Excel bukan berarti kalian malas untuk mulai mempelajari software yang terkenal di perkantoran ini.

Terima kasih saya ucapkan untuk kalian semua yang telah memberikan waktu berharga kalian untuk bekunjung di sebuah blog sederhana dengan penjelasaan singkat dan mudah dimengeti oleh semua kalangan. Dan yang terakhir sebelum saya sudahi pembahasaan tentang cara menggunakan fungsi COUNTBLANK pada microsft Excel ini. Saya ucapkan terimah kasih sekali lagi untuk kalian semua dan kalian bisa membaca tutorial Microsoft Excel berikutnya tentang Cara Menggunakan Fungsi INDEX, MATCH, LARGE. Saya berharap kalian mendapatkan apa yang kalian mau di blog pribadi saya ini.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak