Cara Penggunaan Fungsi CHOOSE di Microsoft Excel - Purapedia

Cara Penggunaan Fungsi CHOOSE di Microsoft Excel

Cara Penggunaan Fungsi CHOOSE di Microsoft Excel
Cara Penggunaan Fungsi CHOOSE di Microsoft Excel


Purapedia – Pada kesempatan kali ini mari kita membahas tentang cara penggunaan fungsi CHOOSE di Microsoft Excel. Ketika menggunakan argument Nomor_index dapat menghasilkan sebuah nilai berdasarkan argument yang ada. Argumen yang akan dimasukan dapat berupa angka dari 1 hingga 29 atau rumus yang menghasilkan nilai dari satu hingga 29. Bisa juga referensi sel yang memuat nilai-nilai tadi.

Lalu contohnya seperti ini, apabila nilai 1 hingga 7 adalah sebuah angka yang mewakili dari hari dalam waktu seminggu, fungsi CHOOSE dapat menghasilkan salah satunya di antara nama-nama hari itu apabila kalian menggunakan nomor di antara 1 hingga 7 sebagai Nomor_index. Cara penyusunan argument Fungsinya seperti dibawah ini:

=CHOOSE(index_num, value1, value2, . . . )

Index_num adalah angka yang akan menyatakan dari nilai argument mana yang ingin kalian tampilkan. Nomor_index ini harus berupa angka antara 1 hingga angka 29 atau sebuah rumus maupun referensi pada alamat sel yang berisi antara nomor 1 hingga 29. Apabila Nomor_index adalah 1, maka fungsi CHOOSE akan menampilkan nilai 1, apabila angka 2 akan menampilkan angka 2 dan begitu seterusnya. Apabila Nomor_index lebih kecil dari 1 ataupun lebih besar dari nomor yang didefinisikan dalam daftar maka fungsi CHOOSE akan menampilkan nilai error #VALUE. Apabila Nomor_Index berupa nilai berbentuk pecahan maka nomor akan terpotong otomatis ke nilai terendah sebelum diproses.

Value1, Value2 adalah sebuah argument dari 1 hingga 29 di mana fungsi CHOOSE akan memilih datanya atau akan melakukan proses sesuai dengan petunjuk nomor_index. Argumen ini dapat berbentuk bilangan, definisi nama, formula, referensi sel, teks, ataupun fungsi macro.

Untuk contoh penggunaan dari fungsi CHOOSE ini bisa kalian perhatikan dibawah ini:
=CHOOSE(3,”Pertama”,“Kedua”,“Ketiga”,”Selesai”) maka hasilnya adalah “Ketiga”
=SUM(A1:CHOOSE(3,A11,A22,A33)) makan hasilnya adalah SUM(A1:A33)

Nah, itulah contoh penggunaan fungsi CHOOSE di Microsoft Excel. Semoga artikel ini berguna untuk kalian semua dan terima kasih telah setia membaca di blog yang sederhana ini.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak