Menggandakan Objek Dengan Mudah Di CorelDraw - Purapedia

Menggandakan Objek Dengan Mudah Di CorelDraw

Menggandakan Objek Dengan Mudah Di CorelDraw
Menggandakan Objek Dengan Mudah Di CorelDraw


Purapedia – Selamat datang kembali di sebuah blog yang sederhana ini. Jika sebelumnya penjelesaan tentang Membuka File CorelDraw Di Adobe Illustrator. Pada kesempatan yang baik ini, Purapedia akan memberikan sebuah tutorial menggandakan sebuah objek di software CorelDraw. Langsung saja kalian baca dengan fokus artikelnya dibawah ini.

Bila kalian membutuhkan sebuah objek yang sama dalam jumlah yang lumayan banyak untuk karya kalian, maka kalian tidak perlu membuat objek tersebut secara satu per satu. Kalian hanya perlu menggandakan objek tersebut. Untuk dapat melakukan penggandaan objek di dalam CorelDraw bisa kalian lakukan dengan beberapa metode seperti copy paste, duplikasi, dan menggunakan tombol spasi pada keyboard computer atau laptop kalian. Lalu, bagaimana cara melakukan penggandaan objek dengan metode-metode tersebut? Kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama kalian buat sebuah objek yang kalian inginkan dan jangan lupa untuk memastikan objek sudah dalam kondisi terseleksi.
  2. Kemudian kalian klik ikon Copy yang terdapat di dalam Toolbar yang berada di atas.
  3. Setelah itu klik ikon Paste yang juga ada dalam Toolbar.
  4. Secara otomatis objek akan langsung tergandakan, tapi hasil penggandaan tersebut ditempatkan tepat di atas objek atau menumpuk pada objek aslinya. Karena itu, kalian pindahkan objek hasil penggandaan dengan cara klik dan drag ke posisi lain yang kalian inginkan.
  5. Selain copy paste kalian juga bisa menggandakan objek dengan menggunakan ?tur Duplikasi. Metode ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode copy paste. Caranya adalah kalian buka menu Edit > Duplicate terlebih dahulu.
  6. Lalu akan muncul kotak dialog Duplicate Offset, kalian tentukan jarak objek hasil duplikasi dengan objek aslinya dengan memasukkan angka pada kotak Horizontal Offset dan juga Vertical Offset. Penting untuk kalian ketahui bahwa kotak dialog ini hanya muncul sekali, sehingga apabila kalian menggandakan objek dengan ?tur Duplicate lagi, maka hasil duplikasi akan langsung muncul dengan jarak yang sama seperti pada pengaturan awal yang kalian lakukan.
  7. Kalau sudah tekanlah tombol OK.
  8. Jika kalian ingin menggandakan objek dalam jumlah yang banyak dengan metode yang lebih cepat, maka seleksilah objek yang akan kalian gandakan.
  9. Kemudian tekan tombol Space + klik lalu drag. Objek akan langsung tergandakan dalam jumlah yang banyak.

Nah, itulah cara menggandakan sebuah objek di software CorelDraw. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kalian semua dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di sebuah blog yang sederhana ini.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak