Cara Mudah Menata Halaman Di Microsoft Word - Purapedia

Cara Mudah Menata Halaman Di Microsoft Word

Cara Mudah Menata Halaman Di Microsoft Word
Cara Mudah Menata Halaman Di Microsoft Word
Cara Mudah Menata Halaman Di Microsoft Word
Purapedia - Sebagai salah satu hal pertama yang mesti kalian lakukan saat merencanakan sebuah dokumen adalah menentukan bagaimana tampilan final dari dokumen kalian tersebut. Untuk membuat tata letak yang baik dan juga akan efektif, kalian harus mengerti dari hubungan antara margin halaman dan sebuah halaman. Proses pengaturan tata letak dari sebuah halaman biasanya lebih dikenal dengan sebutan Page Design.

Cara Cepat Menampilkan Page Setup

Pertama saya akan memberikan langkah untuk menampilkan kotak Page Setup dengan mudah seperti dibawah ini.

1. Klik dua kali di mana pun pagi bagian yang berwarna abu-abu di tampilan microsoft word kalianuntuk menampilkan kotak dialog Page Setup. Dengan cara ini akan lebih cepat untuk kalian dibandingkan kalian harus memilih tab page layout - lalu klik page setup dialog launcher yang berada di dalam grup page setup. Sudah langkahnya hanya satu hehe.

Cara Menggunakan Mirror & Gutter Margin

Mirror margin biasanya lebih sering digunakan untuk mengatur tata letak dari halaman yang mempunyai tampilan dua sisi, seperti buku ataupun sebuah majalah. Dalam kasus ini, margin halaman ganjil adalah bayangan cermin dari halaman genap, yaitu inside margin memiliki lebar yang identik atau sama dan outside margin juga seperti itu.

Lalu kalian gunakanlah Gutter Margin untuk memberi ruang tambahan di sisi dokumen yang akan dijilid. Margin Gutter digunakan untuk memastikan teks pada halaman tidak akan tertutup ketika kalian ingin menjilidnya. Langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Tampilkan kotak dialog Page Setup lalu klik tab margins.
  2. Di bawah Pages, pilih mirrir margins dari multiple pages.
  3. Lalu masukan margin untuk Inside, Outside, dan Gutter.
  4. Lalu klik OK.

Melihat Margin Halaman

Ketika kalian bekerja dengan sebuah dokumen, kalian mungkin ingin melihat margin halaman dalam tampilan print layout atau dalam tampilan web layout. Batas teks yang muncul akan menunjukan di mana teks akan diletakan, dan batas ini tidak akan muncul padahasil cetakan dokumen kalian. Lalu bagaimana untuk mengetahui margin halaman? Coba kalian ikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Untuk melihat margin halaman, pilihlah tab File - Options - Advanced.
  2. Di dalam kotak dialog Word Options, di bawah Show document content, kalian berilah sebuah tanda centang untuk Show text boundaries.
  3. Lalu Klik OK.

Membuat Pengaturan Page Setup Sebagai Default

Ketika kalian baru pertama kali membuka Microsoft Word, beberapa asumsi akan dibuat untuk tata letak halaman kalian, seperti margin halaman dan juga ukuran kertas yang akan digunakan. Jika kalian ingin membuat perubahan pada pengaturan ini, perubahan tersebut akan mulai efektif untuk semua dokumen selanjutnya. Langkahnya seperti berikut.

  1. Untuk melakukan perubahan menjadi default, di dalam kotak dialog Page Setup, klik tombol Default yang terletak di sudut kiri bawah tab Margin, Paper, atau Layout. Margin halaman, ukuran kertas, dan juga perubahan tata letak halaman kalian akan disimpan dan dapat digunakan setiap kali kalian membuka Microsoft Word. Sekali lagi langkahnya cuman satu hehe.
Itulah cara mudah dan cepat menata halaman pada Microsoft Word. Selanjutnya kalian bisa mempelajari Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word. Terima kasih telah berkunjung di sebuah sederhana yang selalu berharap bisa memrikan informasi atau ilmu yang bisa berguna untuk banyak orang dan semoga artikel pada kesempatan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak