Cara Menggunakan Rumus Atau Fungsi PV, NPER Dan NPV - Purapedia

Cara Menggunakan Rumus Atau Fungsi PV, NPER Dan NPV

Cara Menggunakan Rumus Atau Fungsi PV, NPER Dan NPV
Cara Menggunakan Rumus Atau Fungsi PV, NPER Dan NPV
Rumus Atau Fungsi PV, NPER Dan NPV

Purapedia - Apa kabar untuk kalian smua, semoga selalu sehat dimanapun kalian berada. Kali ini Purapedia akan menjelaskan dan cara menggunakan fungsi PV, NPER, dan NPV.

Fungsi PV

Menghasilkan present value atau nilai kini suatu investasi. Nilai kini adalah jumlah nilai pinjaman modal yang anda terima. Baik atau buruknya nilai ini ditentukan dengan mengurangi pendapatan yang diterima dari laba investasi yang kembali ditanam. JIka nilai pendapatan itu ternyatalebih besar dari biaya investasi yang ditanam maka investasi ini dinyatakan baik.

Cara penyusunan argumen fungsi sebagai berikut :
Rate - Besarnya prosentase bunga setiap periode.
Nper - Jumlah kali pembayaran angsuran dalam satu tahun.
Pmt - Besarnya angsuran setiap periode dan tidak boleh diubah-ubah selama periode itu.
Fv - Besarnya nilai pada akhir jangka waktu pinjaman. Bila tidak diisi akan dianggap nilainya 0. pada pinjaman ke bank Fv nilainya 0.
Type - 0 untuk in arear, 1 in advance.

Untuk contoh pemakaiannya bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Fungsi NPER

Fungsi ini menghasilkan berapa jumlah periode yang diperlukan untuk melunasi suatu pinjaman apabila dilakukan dengan pembyaran periodik tertentu dengan besarnya angsuran dan suku bunga tertentu.

Cara penyusunan argumen fungsi sebagai berikut :
Rate - Besarnya suku bunga pinjaman setiap periode.
Pmt - Besarnya angsuran setiap periode. Angsuran ini tidak boleh berubah selama tahun berjalan. PMT hanya terdiri dari angsuran pokok dan angsuran bunga saja, tidak termasuk pajak dan biaya.
Pv - besarnya nilai pinjaman awal.
Fv - besarnya nilai pada akhir jangka waktu pinjaman. Apabila argumen ini tidak diisi maka Excel akan menganggap FV nilainya = 0. Pada pinjaman ke bank, FV nilainya = 0.

Contoh penggunaannya sebagai berikut ini :
=NPER(12%/12, -100, -1000, 10000,1) menghasilkan 60.
=NPER(1%, -100, -1000, 10000,1) menghasilkan 60.
=NPER(1%, -100, 1000) menghasilkan 11.

Fungsi NPV

Untuk menghasilkan net present value atau nilai bersih saat ini dari suatu investasi berdasarkan angsuran periodik dengan discount rate. NPV dari suatu investasi adalah nilai hari ini dari suatu pembayaran-pembayaran yang akan dikeluarkan (dimasukan dengan nilai negatif) dan pendapatan (dimasukan dengan niali positif).

Cara penyusunan argumen fungsi sebagai berikut :
Rate - Suku bunga sepanjang periode pinjaman.
Value 1, Value 2 - Nilai pemasukan yang dapat dicantumkan sebagai argumen sebanyak 1 hingga 29 nilai yang menyatakan pembayaran ataupun pendapatan.

Seandainya anda sedang mempertimbangkan sebuah investasi, di mana anda akan membayar US$ 10,000 setahun dari sekarang dan menerima pendapatan tahunan masing-masing US$ 3,000; US$ 4,200; dan US$ 6,800 selama tiga tahun kemudian. Dengan asumsi bahwa discount rate adalah 10% maka NPV dari investasi ini sebagai berikut.

=NPV(10%, -10000, 3000, 4200, 6800) menghasilkan US$ 1188.44.

Pada contoh di atas, anda diharuskan membayar US$ 10,000 karena angsuran harus sudah dibayar pada akhir periode (1 tahun) yang pertama.

Seandainya anda tertarik membeli sebuah toko. Harga bisnis itu adalah US$ 40,000 dan anda berharap akan memperoleh pendapatan berikut.

US$ 8000; US$ 9200; US$ 10,000; US$ 12,000; dan US$ 14,500. Discount rate 8%. Ini mungkin akan menampilkan bungan inflasi atau suku bungan investasi yang menaik.

Bila pengeluaran dan pendapatan dari toko itu dimasukan pada sel B1 hingga B6 maka Formula dari NPV adalah sebagai berikut.

=NPV(8%, B2:B6)+B1 menghasilkan US$ 1922.06.

Pada contoh di atas, anda tidak menyertakan biaya sebesar US$ 40,000 sebagai salah satu nilai karena angsuran dilakukan pada awal periode.

Seandainya toko sepatu anda mengalami kesulitan pada tahun ke enam dan anda rugi US$ 9,000 pada tahun itu maka NPV dari investasi itu setelah tahun ke enam dapat dinyatakan sebagai berikut.

=NPV(8%,B2:B6, -9000)+B1 menghasilkan -US$3749.47.

Itulah penjelasan cara menggunakan rumus atau fungsi PV, NPER dan NPV. Semoga artikel bermanfaat untuk anda semua. Kalian juga bisa membaca artikel tentang Cara Penggunaan Fungsi Atau Rumus IPMT Dan Rate.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak