Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part II - Purapedia

Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part II

Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part II
Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part II
Purapedia – Setelah kalian sudah membaca Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part I. Selanjutnya saya akan memberikan lanjutannya yang bisa kalian simak dibawah ini.

Menghapus Spasi Ekstra Pada Halaman Atas

Microsoft Word secara default akan menghapus spasi ekstra sebelum (Space Before) satu paragraf (contohnya, Heading) ketika berada pada awal halaman, jika dianggap spasi extra ini merupakan bagian dari teks dengan gaya yang normal.

Tapi, jika kalian mengubah teks yang normal (seperti menggunakan pemisah halaman manual, pemisah kolom, atau pemisah section sebelum satu paragraf maka Microsoft word akan menambahkan spasi dan bukan malah menghapusnya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pilih tab File > Options > Advanced.
  2. Dalam kotak dialog word options, di bawah Compatibility options for, klik Layout Options lalu beri tanda centang untuk Suppress extra line spacing at top of page dan juga Suppress Space before after a hard page or column break. Namun spasi sebelum paragraf masih belum dihilangkan karena opsi tersebut hanya menghilangkan spasi baris dan bukan spasi sebelum paragraf. Bukan hanya itu, Microsoft Word juga akan selalu menampilkan spasi sebelum paragraf ketika paragraf berada pada awal dokumen meskipun opsi “Suppress Space Before after a hard page or column break”
  3. Setelah itu klik OK untuk melanjutkan.

Hanya ada satu cara untuk memastikan Bahwa Microsoft Word tidak akan menampilkan spasi sebelum paragraf yang berada di bagian atas halaman adalah dengan menformat paragraf sehingga tidak neniliki spasi sebelum paragraf secara manual atau membuat style baru untuk format paragraf tersebut.

Mencegah Terpisahnya Paragraf Tertentu

Pada paragraf tertentu yang harus tampil bersamaan dengan paragraf lain. Contohnya, judul paragraf harus tampil bersama dengan isi paragraf atau teks. Langkah-langkahnya bisa kalian berikut ini.

  1. Langkah pertama kalian letakkan titip sisip pada paragraf yang diinginkan lalu tekan [ALT]+[O]+[P]. Setelah itu kotak paragraph akan muncul.
  2. Pada kotak dialog Paragraph, klik tab Line and Page Breaks dan kalian beri tanda centang untuk keep with next.
  3. Terakhir Klik OK.

Memastikan paragraf berada di halaman yang sama

Terdapat beberapa jenis dokumen (contohnya, dokumen hokum), kalian mungkin menginginkan semua paragraf tertentu untuk tampil di halaman yang sama tanpa ada pemisah halamandi tengahnya. Langkahnya bisa kalian lihat di bawah ini.

  1. Kalian letakkan titik sisip pada paragraf yang kalian inginkan dan tekan tombol [ALT]+[O]+[P]. Kotak dialog akan tampil pada Microsoft Word kalian.
  2. Di Dalam kotak dialog Paragraph, klik tab Line and Page Breaks dan beri tanda centang untuk Keep lines together dan klik OK apabila selesai.

Membuat Indentasi Negatif untuk Paragraf

Microsoft Word memungkin kalian untuk menentukan indentasi dari margin kiri. Terkadang kalian mungkin ingin membuat indentasi negative untuk sebuah paragraf. Microsoft Word memungkinkan kalian untuk memindahkan sisi kiri paragraf kalian dengan cara di bawah ini.

  1. Kalian letakan titip sisip pada paragraf yang kalian inginkan.
  2. Pilih tab Page Layout lalu pada grup Paragraph, masukan nilai negative di kotak isian Left untuk membuat indentasi negative. Paragraf tersebut akan bergeser ke kiri sebanyak 0.3 inci (tergantung kalian mengaturnya, lebih atau kurang dari 0.3 inchi).

Itulah cara terbaik menata paragraf pada Microsoft Word Part II. Selanjutnya kalian bisa membaca Cara Terbaik Menata Paragraf Pada Microsoft Word Part III. Terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana yang ini.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak