Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel Part 1 - Purapedia

Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel Part 1

Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel Part 1
Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel
Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel

Purapedia - Ketika kalian mengetikan data pada sebuah sel, Microsoft Excel segera bereaksi untuk menerima masukan kalian dan akan menentukan apakah kalian memasukan sebuah formula, bilangan (termasuk juga nilai, tanggal, dan waktu), atau yang lainnya. Jika selain itu akan dianggap sebagai masukan teks. Di dalam lembar kerja Excel, semua data yang non numerik dan nn formula dikategorikan sebagai teks.

Pada Microsoft Excel 5 hingga 97, di dalam sebuah sel hanya bisa menampung 255 karakter saja, tetapi dimulai Excel 97 daya tampung sel mengalami peningkatan secara drastis, karena mampu memuat hingga 32000 karakter.

Sampai pada Excel 2000, program ini baru memiliki 20 buah Fungsi Teks, tetapi pada Excel 2010 fungsi itu meningkat menjadi 31 buah. Tambahan itu untuk kegunaan khusus, yaitu untuk dipergunakan pada teks yang menggunakan huruf-huruf non latin. Sebab itu, bebrapa fungsi tersebut sengaja tidak akan dibahas pada artikel ini.Berikut ini adalah Macam-macam fungsi pada Microft Excel.

Fungsi ASC

Untuk mengganti karakter double byte untuk sebuah teks latin maupun huruf katakana dengan sebuah karakter string single byte.

Fungsi BAHTTEXT

Pada fungsi ini untuk menghasilkan karakter yang ditubjukan oleh suatu nomer kode. Sebagaimana kode ASCII (DOS), ANSI (untuk Windows), dan Apple Macintosh mengunakan penomoran kode dari 1 hingga 255. Dengan memasukan salah satu kode pada Fungsi CHAR akan menampilkan karakternya.

  • Sistem Operasi = Kode Character set yang digunakan.
  • Macintosh = Macintosh character set.
  • Windows = ANSI
Dibawah ini, saya akan memberikan cara penyusunan argumentasi fungsi.

=CHAR(number)

Number - Bilangan antara 1 hingga 255 yang telah memasukan karakter mana yang ingin kalian tampilkan. Karakter ini berasal dari set karakter yang dipergunakan oleh komputer anda. Contoh penggunaannya seperti berikut:
  • =CHAR(65) menghasilkan "A"
  • =CHAR(33) menghasilkan "!"

Fungsi CLEAN

Menghapus semua "nonprintable character" dari suatu data teks. Fingsi ini biasanya dipergunakan untuk membersihkan karakter-karakter yang tidak dapat dicetak dari suatu teks hasil import dari aplikasi lain yang mungkin saja mengandung karakter-karakter yang tidak dikenali oleh sistem operasi kalian. Sebagai contoh kalian dapat menggunakan Fungsi CLEAN untuk menhapus karakter-karakter dari kode karakter "low level" yang muncul pada setiap awal dan akhir dari suatu data file dan tidak dapat dicetak. Dibawah ini, saya akan memberikan cara penyusunan argumentasi fungsi dan contoh penggunaannya.

=CLEAN(teks)

Teks =  Informasi dalam lembar kerja yang ingin kalian hilangkan "non printable character".

=Char (7) menghasilkan sebuah "non printable character". Oleh karena itu, =CLEAN(CHAR(7)&"teks"&CHAR(7)) menghasilkan "teks".

Fungsi CODE

Untuk menghasilkan nomer kode dari karakter pertama pada teks string. Nomer kode yang dihasilkan sesuai dengan karakter set dari sitem operasi. Dalam hal ini Windows 95 ke atas menggunakan kode ANSI. Cara penyusunan Argumen Fungsi sebagai berikut:

=CODE(teks)

Teks = data teks yang akan dicari kode nomor dari karakter pertamanya.

=CODE("A") menghasilkan 65
=CODE("Alphabet") juga menghasilkan 65

Fungsi CONCATENATE

Fungsi ini digunakan untuk menyambung beberapa data teks menjadi suatu satu teks. Cara penyusunan Argumen fungsinta seperti dibawah ini:

=CONCATENATE(teks1, teks2, ...)

Teks1, Teks2 = 1 hingga 30 teks (atau alamat sel yang berisi teks) yang akan digabungkan menjadi satu teks. Teks yang akan digabung dapat berupa teks string, numerik, maupun alamat sel.

Selain menggunakan fungsi CONCATENATE, kalian juga dapat menggunakan operator "&" untuk menggabungkan data teks.

=CONCATENATE("Total", "Nilai") menghasilkan "Total Nilai". Penulisan fungsi tersebut sama dengan menggunakan formula "=Total"&""&"Nilai".

Seandainya pada sel C2 berisi "species", C5 berisi "Macan Tutul", dan C8 berisi totalnya, yaitu 5.

CONCATENATE("Jumlah Populasi ",C2," ",C5," adalah ",C8,"/kilometer") akan menghasilakn "Jumlah populasi species Macan Tutul adalah 5/kilometer.

Fungsi DOLLAR

Fungsi yang berguna untuk mengonversikan angka numerik menjadi teks string menggunakan format currency dengan desimal yang dibulatkan sesuai keinginan. Format yang digunakan adalah ($#,##0.00_);($#,##0.00).

=DOLLAR (angka, desimal)

Angka = angka atau alamat sel yang berisi angka, dapat pula sel yang berisi formula yang menghasilkan angka.

Desimal = jumlah digit di sebelah kanan desimal. Jika desimalnya bernilai negatif maka angkanya akan dibulatkan ke kiri (menjadi angka utuh) Bila angka ini tidak diisi maka akan diasumsikan sebagai 2 digit angka desimal.

Perbedaan pokok antara pemformatan sel yang berisi angka dengan menggunakan menu Format, Cells, dan pemformatan secara langsung dengan fungsi DOLLAR, bahwa fungsi DOLLAR akan mengonversi hasilnya langsung menjadi teks, sedangkan yang di format dengan menu format, Cells akan tetap sebagai numerik. Kalian dapat melanjutkan penggunaan format dengan fungsi DOLLAR dalam formula karena Excel akan mengkonversikan nilai teks menjadi angka pada saat dilakukan kalkulasi.

=DOLLAR(1234.567, 2) menghasilkan "$1234.57"
=DOLLAR(1234.567, -2) menghasilkan "$1200"
=DOLLAR(-1234.567, -2) menghasilkan "($1200)"
=DOLLAR(-0.123, 4) menghasilkan "($0.1230)"
=DOLLAR(99.888) menghasilkan "$99.89"

Fungsi EXACT

Membandingkan dua teks string untuk menghasilkan nilai TRUE bila hasil kedua teks yang dibandingkan sama dan menghasilkan nilai FALSE bila tidak sama. Fungsi EXACT menggunakan case sensitif, artinya membedakan antara huruf beasar dan kecil.

=EXACT(teks1, teks2).

Teks1 = teks pertama yang diperbandingkan.
Teks2 = teks kedua yang diperbandingkan

=EXACT("excel","excel") menghasilkan TRUE.
=EXACT("Excel","excel") menghasilkan FALSE.
=EXACT("ex cel","excel") menghasilkan FALSE.

Berguna untuk meyakinkan bahwa kalian telajh memasukan niali teks yang sama persis, masukan formula berikut sebagai array dalam sel. Untuk memasukan formula sebagai array dalam sel, tekanlah kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ENTER.

Pilih dan namailah range yang berisi range acuan (teks1), misalnya dengan nama Range Acuan dan range yang diperbandingkan dinamain Range yang diperbandingkan. Berikutnya, tulislah formula seperti dibawah ini.

=OR (EXACT(Range Acuan, Range yang Dibandingkan))

Fungsi FIND

Untuk mencari suatu teks string dalam suatu kumpulan teks string dan akan menghasilkan jumlah karakter dari teks yang dicari. Fungsi ini mirip dengan Fungsi SEARCH, hanya bedanya FIND akan membedakan huruf besar (kapital) dan huruf kecil dan tidak dapat menerima pencarian dengan karakter wildcard.

=FIND (teks yang dicari, dalam sekumpulan teks, dimulai dari karakter yang keberapa)

Teks yang dicari = teks yang akan dicari dengan bantuan fungsi ini. Bila yang dicari adalah teks kosong ("") maka fungsi ini akan mencocokan karakter pertama dari teks yang dicari. Tidak boleh diisi dengan karakter wildcard. Dalam sekumpulan teks yang dicari.

Pencarian dimulai dari karakter yang keberapa dari sekumpulan teks. Bila argumen ini tidak ditulis maka akan dianggap pencarian dimulai dari karakter pertama.

=FIND("M","Miriam McGovern") menghasilkan 1
=FIND("m","Miriam McGovern") menghasilkan 6
=FIND("M","Miriam McGovern",3) menghasilkan 8

Misalnya kalian memiliki suatu tabel yang berisi nama suku cadang disertai dengan nomor serial dari masing-masing suku cadang tersebut (kedua unsur ini tercatat dalam suatu sel). Bila kalian ingin mengambil nama masing-masing suku cadang tersebut tanpa menyertakan nomor serinya, kalian dapat mengombinasikan simbol # dengan fungsi MID untuk mengabaikan nomor serinya.

Pada range A2:A4 berisi nama-nama suku cadang berikut beserta nomor serinya, pada A@: "Ceramic Insulators #116010".

=MID(A2,1,FIND("#",A2,1)-1) menghasilkan "Ceramic Insulators".
=MID(A3,1,FIND("#",A3,1)-1) menghasilkan "Copper Coils"
=MID(A4,1,FIND("#",A4,1)-1) menghasilkan "Variable Resistors"

Itulah penjelasan tentang Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada Microsoft Excel Part 1. Kalian bisa melanjutkan ke pembahasan lanjutannya yaitu Rumus Atau Fungsi Teks Terlengkap Pada MIcrosoft Excel PArt II. Terima kasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini.


EmoticonEmoticon

Ad Placement

Formulir Kontak